• Kamis, 1 Desember 2022

Hadits Tentang "SEGERA MENUNAIKAN AMANAH DAN JANGAN SUKA MENUNDANYA"

- Senin, 21 November 2022 | 19:00 WIB
hadits tentang larangan menunda waktu
hadits tentang larangan menunda waktu

 

KhazanahImani.com - Sangat sering sekali kita merasa masih memiliki banyak waktu untuk bisa melakukan suatu hal dilain waktu.

Namun sangat sering pula kita menyesali perbuatan tersebut, karena telah merasa membuang buang waktu.

Sehingga pekerjaan yang seharusnya bisa dikerjakan dengan segera, justru harus tertunda atau bahkan tidak sempat dikerjakan sama sekali.

Baca Juga: Kisah Ketauhidan Abdul Muthalib Menurut Gus Baha

Ternyata anjuran untuk menyegerakan untuk menunaikan amanah serta larangan menundanya, telah disampaikan oleh Rasulullah pada 14 abad yang lalu.

Berikut ini hadits tentang anjuran untuk segera menunaikan amanah dan jangan suka menundanya :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، أَيُّ الصَّدَقَةِ أَعْظَمُ أَجْرًا؟ قَالَ: « أَنْ تَصَدَّقَ وَأَنْتَ صَحِيْحٌ شَحِيْحٌ تَخْشَى الْفَقْرَ وَتَأْمُلُ الْغِنَى وَلَا تُمْهِلْ حَتَّى إِذَا بَلَغَتِ الْحُلُقُومَ قُلْتَ: لِفُلاَنٍ كَذَا وَلِفُلاَنٍ كَذَا وَقَدْ كَانَ لِفُلاَنٍ » مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, dia berkata, “Seorang lelaki datang kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian bertanya, “Wahai Rasulullah, sedekah apakah yang paling besar pahalanya?”

Halaman:

Editor: Muhammad Zainur Roziqin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hadits Tentang Keutamaan Memiliki Sifat Tawadhu

Senin, 21 November 2022 | 13:30 WIB
X