12 Ciri Terkena Penyakit 'Ain Menurut Ulama, Salah Satunya Emosi Berlebihan

- Rabu, 18 Januari 2023 | 10:46 WIB
Ciri-ciri terkena penyakit Ain (Towfiqu Barbhuiya - Unsplash.com)
Ciri-ciri terkena penyakit Ain (Towfiqu Barbhuiya - Unsplash.com)

KhazanahImani.com - Dalam artikel ini akan di ulas mengenai ciri-ciri dari orang yang terkena penyakit 'Ain sebagaimana disampaikan oleh ulama.

Penyakit ‘ain adalah penyakit yang disebabkan oleh pandangan mata yang berkaitan dengan hati, yaitu perasaan iri dan dengki.

Dalam pandangan Islam, manusia terkena penyakit tidak hanya disebabkan karena kurang menjaga kesehatan fisik, namun karena kurangnya bisa menjaga hati.

Ain juga bisa disebabkan karena munculnya rasa kagum atau takjub terhadap sesuatu yang dilihatnya, karena tidak dibersamai dengan berdzikir kepada Allah ﷻ.

Dijelaskan dalam Al Lajnah Ad Daimah:

مأخوذة من عان يَعين إذا أصابه بعينه ، وأصلها : من إعجاب العائن بالشيء ، ثم تَتبعه كيفية نفْسه الخبيثة ، ثم تستعين على تنفيذ سمها بنظرها إلى المَعِين

“‘Ain dari kata ‘aana – ya’iinu yang artinya: terkena sesuatu hal dari mata. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, lalu diikuti oleh respon jiwa yang negatif, lalu jiwa tersebut menggunakan media pandangan mata untuk menyalurkan racunnya kepada yang dipandang tersebut” (Fatawa Al Lajnah Ad Daimah, 1/271).

Baca Juga: Surat Hud Ayat 54, Nabi Hud Terkena Penyakit Gila?

Ibnul Qoyyim menjelaskan bahwa penyakit ‘ain bisa saja terjadi tanpa harus melihat secara langsung.

Ia mengatakan, “Jiwa orang yang menjadi penyebab penyakit ‘ain bisa saja menimbulkan penyakit ‘ain tanpa harus dengan melihat secara langsung.

Bahkan, terkadang ada orang buta lalu dideskripsikan sesuatu kepada orang buta tersebut dan jiwanya bisa menimbulkan penyakit ‘ain meskipun dia tidak melihatnya.”

Menurut Syaikh Abdul Azi As-Sadhan, ada beberapa ciri-ciri yang biasanya muncul kepada orang terkena ‘ain.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustofa Syafiq

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X